Rabu, 08 Januari 2014

Mana yang lebih baik untuk menjaga pikiran Anda fit : aktivitas fisik atau mental ?


Kegiatan fisik dan mental keduanya penting untuk melindungi kemampuan berpikir Anda dan menangkal demensia . Tapi apakah salah satu truf lain? Ini pertanyaan yang menarik , salah satu yang terjadi kepada saya ketika saya sedang melakukan teka-teki silang atau jelajah melalui lingkungan saya dengan lucu tampak berjalan yang anak-anak saya mengolok-olok . Dapatkah saya melestarikan kemampuan berpikir saya jika saya melakukan lebih dari satu kegiatan dari yang lain , seperti teka-teki silang yang lebih atau lebih berjalan ?

Saya mengajukan pertanyaan kepada Dr Scott McGinnis , seorang instruktur di neurologi di Harvard Medical School . Saat saya menulis di edisi April dari Harvard Health Letter , dia bilang itu pertanyaan yang sulit untuk dijawab karena beberapa studi telah membahas padat itu .

Itu mungkin berubah . Sebuah studi yang diterbitkan kemarin di JAMA Internal Medicine mencoba menggoda tahu apakah aktivitas fisik atau mental yang lebih baik untuk kesehatan otak . Peneliti merekrut 126 orang dewasa yang merasa bahwa memori atau pemikiran keterampilan mereka baru-baru ini memburuk , dan membagi mereka menjadi empat kelompok . Semua diminta untuk melakukan satu jam aktivitas mental tiga kali seminggu dan satu jam aktivitas fisik tiga kali seminggu . Apa berbeda adalah intensitas kegiatan ini :

    kerja komputer intensif ditambah aerobik
    kerja komputer intensif ditambah cahaya peregangan dan toning
    menonton DVD pendidikan ditambah aerobik
    menonton DVD pendidikan ditambah cahaya peregangan dan toning

Setelah 12 minggu , skor pada tes berpikir ditingkatkan di seluruh papan . Kejutan besar adalah bahwa tidak ada perbedaan nyata dalam perbaikan antara kelompok . Para peneliti menyimpulkan bahwa jumlah aktivitas yang lebih penting untuk merangsang otak dibandingkan dengan jenis kegiatan , karena semua peserta baik dieksekusi dan terlibat dalam kegiatan mental yang setiap minggu .
Manfaat dari kedua

Ada beberapa bukti bahwa olahraga saja melindungi otak . Satu studi dari orang-orang di tujuh puluhan mereka diterbitkan dalam Neurology menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga paling memiliki penyusutan otak dan paling lesi otak materi putih lebih sedikit , yang dapat menjadi tanda demensia . Orang-orang yang terlibat dalam kegiatan mental yang memiliki penyusutan otak lebih banyak dan lesi otak materi putih . Studi lain yang dipublikasikan baru-baru ini di Stroke menunjukkan bahwa orang dewasa yang berolahraga secara teratur mengurangi risiko demensia vaskular yang berhubungan dengan 40 % .

Kemungkinan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan volume daerah otak yang penting untuk memori dan berpikir . " Ada beberapa mekanisme yang mungkin untuk ini , " kata Dr McGinnis , " seperti merangsang produksi faktor pertumbuhan , pembuluh darah , dan sel-sel otak baru, yang bisa menjadi penyangga terhadap perubahan otak yang menyebabkan demensia . "

Aktivitas mental saja juga dapat melindungi otak . Dalam satu studi 2012 yang dipublikasikan di Neurology , peneliti menunjukkan hubungan langsung antara jumlah aktivitas kognitif , seperti membaca koran atau bermain catur , dan tingkat fungsi kognitif pada tahun berikutnya . Seperti yang saya tulis di Harvard Health Letter Agustus 2012 , penelitian lain menemukan bahwa terlibat dalam kegiatan yang berarti seperti relawan atau hobi berharga mempromosikan kesehatan kognitif di usia tua .

" Berolahraga fungsi kognitif tertentu akan meningkatkan fungsi itu . Jika seseorang terlibat dalam tugas-tugas yang membutuhkan memori kerja , seperti memegang dan memanipulasi materi dalam pikiran untuk jangka waktu yang singkat , seseorang biasanya akan menjadi lebih kuat di daerah itu , " kata Dr McGinnis .

Apa yang dapat Anda lakukan

Mengambil keuntungan dari perlindungan otak yang menyediakan baik aktivitas fisik dan mental. Di sisi fisik , memulai atau terus bergerak . Sebuah tujuan yang baik adalah 150 menit latihan intensitas sedang seminggu, tetapi aktivitas apapun lebih baik daripada tidak . Di sisi mental, Dr McGinnis menyarankan melakukan sesuatu yang Anda sudah menikmati . " Mungkin teka-teki silang , membaca , berpartisipasi dalam sebuah klub , model bangunan , atau sejumlah kegiatan . Prinsip adalah bahwa kegiatan memerlukan keterlibatan aktif , keterlibatan tidak pasif seperti menonton televisi . "

Me ? Aku akan tetap saya lucu tampak berjalan dan teka-teki silang , meskipun saya baru saja menjadi agak terobsesi dengan permainan Scrabble pada smartphone saya. Pertanyaan berikutnya : Dapatkah saya berjalan dan bermain Scrabble pada saat yang sama ? Sementara itu mungkin lebih baik untuk otak saya , saya tidak perlu studi medis untuk memberikan jawaban itu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar